Rabu, 09 Februari 2011

KUMPULAN KATA BAKU DAN TIDAK BAKU BAHASA INDONESIA SESUAI DENGAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN

KUMPULAN KATA BAKU DAN TIDAK BAKU                       BAHASA INDONESIA
SESUAI DENGAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN
 
BAKU - TIDAK BAKU
- apotik : apotek
- atlit : atlet
- azas : asas
- azasi : asasi
- bis : bus
- do'a : doa
- duren : durian
- gubug : gubuk
- hadist : hadis
- ijin : izin
- imajinasi : imaginasi
- insyaf : insaf
- jaman : zaman
- kalo : kalau
- karir : karier
- kongkrit : konkret
- nomer : nomor
- obyek : objek
- ramadhan : ramadan
- rame : ramai
- rapor : rapot
- sentausa : sentosa
- trotoar : trotoir
Ekstra ilmu pengetahuan ejaan yang disempurnakan / eyd :
- kreatifitas : kreativitas
- kreativ : kreatif
- aktifitas : aktivitas
- aktiv : aktif
- sportifitas : sportivitas
- sportiv : sportif
- produktifitas : produktivitas
- produktiv : produktif
 apotek - apotik
atlet - atlit
bus    -bis
cenderamata - cinderamata
konkret - konkrit-kongkrit
sistem - sistim
telepon - tilpon-telpon
pertanggungjawaban - pertanggung jawaban
utang - hutang
pelanggan - langganan
hakikat - hakekat
kaidah - kaedah
dipersilakan - dipersilahkan
anggota - anggauta
pihak - fihak
disahkan - disyahkan
lesung pipi - lesung pipit
mengubah - merubah
mengesampingkan- mengenyampingkan
kualitas - kwalitas
universitas - university
teater - theatre
struktur - structure
monarki - monarkhi
devaluasi - defaluasi
abstrak - abstrac
akomodasi    - akomodir
legalisiasi    - legalisir 
diagnosis    -diadnosa
hipotesis    -hipotesa 
kultur - culture
deputi - deputy
sekuritas - Security
aktivitas - aktifitas
relatif - relative
repertoar - repertoire
teknologi - tekhnologi; technologi
elektronik - electronik
direktur – director


BAKU - TIDAK BAKU

konduite - kondite
akuarium - aquarium
kongres - konggres
hierarki - hirarkhi
aksi - action
psikiatri - psychiatry
grup
- group
rute - route
institut - institute
aki - accuA
taksi - taxi
sekadar - sekedar
memesona - mempesona
imbau - himbau
berpikir - berfikir
nasihat - nasehat
terempas - terhempas
pukul 19.30 WIB - jam 19.30 WIB
standardisasi - standarisasi
objek - obyek
sportivitas - sportifitas
sportif - sportip
aktivitas - aktifitas
aktif - aktip
pengkreditan - pengreditan
mengkreditkan - mengreditkan
antarnegara - antar negara
pascapanen - pasca panen
dasawisma - dasa wisma
pancaroba - panca roba
aktif - aktip
aktivitas - aktifitas
apotek - apotik
atlet - atlit
Anda – anda
andal – handal
analisis - analisa
diagnosis - diagnosa
andal - handal
antre - antri
asas - azas
cendekiawan - cendikiawan
detail - detil
embus - hembus
ekstrem - ekstrim
ekstremis - ekstrimis
Februari - Pebruari
frekuensi - frekwensi
fondasi - pondasi;
hierarki - hirarki
hakikat - hakekat
hafal - hapal
ijazah - ijasah
izin - ijin
imbau - himbau
isap – hisap
jenazah - jenasah
justru - justeru
karier - karir
kategori - katagori
konferensi - konperensi
kompleks - komplek/komplex

BAKU - TIDAK BAKU
kualifikasi – kwalifikasi
kualitatif - kwalitatif
kuantitatif - kwantitatif
kualitas – kwalitas
masjid - mesjid
merek - merk
meterai - meterei
miliar – milyar
misi - missi
mulia - mulya
museum - musium
metode - metoda
mungkir - pungkir
narasumber - nara sumber
nasihat - nasehat
objek - obyek
objektif - obyektif
peduli - perduli
praktik - praktek
provinsi - propinsi
risiko - resiko
sekadar - sekedar
silakan - silahkan
sistem - sistim
saksama - seksama
subjek – subyek
saraf - syaraf
subjektif - subyektif
teknik - tehnik
teknologi - tehnologi
terampil - trampil
telanjur - terlanjur
telantar - terlantar
ubah - rubah
mengubah - merubah
utang - hutang
Contoh ejaan baku dan ejaan tidak baku, di mana yang sebelah kiri adalah salah dan yang sebelah kanan adalah betul :
- apotik : apotek
- atlit : atlet
- azas : asas
- azasi : asasi
- bis : bus
- do'a : doa
- duren : durian
- gubug : gubuk
- hadist : hadis
- ijin : izin
- imajinasi : imaginasi
- insyaf : insaf
- jaman : zaman
- kalo : kalau
- karir : karier
- kongkrit : konkret
- nomer : nomor
- obyek : objek
- ramadhan : ramadan
- rame : ramai
- rapor : rapot
- sentausa : sentosa
- trotoar : trotoir

Ekstra ilmu pengetahuan ejaan yang disempurnakan / eyd :
TIDAK BAKU - BAKU
- kreatifitas : kreativitas
- kreativ : kreatif
- aktifitas : aktivitas
- aktiv : aktif
- sportifitas : sportivitas
- sportiv : sportif
- produktifitas : produktivitas
- produktiv : produktif
- cantik sekali - cantik banget
- lurus saja - lempeng saja
- masih kacau - masih sembraut
- uang - duit
- tidak mudah - enggak gampang
- diikat dengan kawat - diikat sama kawat
- bagaimana kabarnya - gimana kabarnya

KATA BAKU : KATA TIDAK BAKU
 (A)
1. apotek : apotik
2. aberasi : abrasi
3. absorpsi : absorsi
4. aki : accu
5. adhesi : adesi
6. ajek : ajeg
7. alpa : alfa
8. advokat : adpokat
9. ambin : amben
10. administrator : admin
(B)
11. banderol : bandrol
12. bungker : bangker
13. barzakh : barzah
14. baterai : baterei
15. batil : bathil
16. blangko : belangko
17. blender : belender
18. benzol : bensol
19. biliar : bilyar
20. bayangkara : bhayangkara

KATA BAKU : KATA TIDAK BAKU
(C)
21. kafetaria : cafetaria
22. capcai : cap cai
23. cendekia : cendikia
24. cengkih : cengkeh
25. cengkeram : cengkram
26. cedera : cidera
27. klien : clien
28. kloset : closet
29. klab : club
30. kokpit : cockpit
(D)
31. dakwah : da’wah
32. dajal : dajjal
33. debit : debet
34. debitor : debitur
35. deviasi : defiasi
36. digresi : degresi
37. dekret : dekrit
38. deodoran : deodorant
39. detail : detel
40. dividen : deviden
(E)
41. ekspor : eksport
42. ekstrem : ekstrim
43. elektrode : elektroda
44. elips : elip
45. elite : elit
46. episode : episod
47. esai : essay
48. etanol : ethanol
49. ensiklopedi : ensiklopedia
50. pempek : empek-empek

KATA BAKU : KATA TIDAK BAKU
(F)
51. paham : faham
52. vakum : fakum
53. vaksinasi : faksinasi
54. valid : falid
55. fakih : faqih
56. vas : fas
57. formal : formil
58. frase : frasa
59. front : fron
60. frekuensi : frekwensi
(G)
61. galaktosa : galaktose
62. game : gamma
63. jenius : genius
64. gaib : ghaib
65. gips : gip
66. geladi : gladi
67. glaukoma : glukoma
68. gua : goa
69. gerebek : grebek
70. gerogol : grogol
(H)
71. hafal : hapal
72. hierarki : hirarki
73. hibrida : hybrida
(I)
74. insaf : insyaf
75. intens : inten
76. ideal : idial
(J)
74. jenazah : jenasah
75. jenderal : jendra
76. genius : jenius
KATA BAKU : KATA TIDAK BAKU
(K)
77. kacamata : kaca mata
78. kaidah : kaeda
79. kemboja : kamboja
(L)
80. laskar : lasykar
81. leukemia : leukimia
82. limfa : limpha
(M)
83. maaf : ma’af
84. mabuk : mabok
85. magnet : mahnet
(N)
86. tampak : nampak
87. nasihat : nasehat
88. nanas : nenas
(O)
89. omzet : omset
90. oto : otto
91. pacat : pacet
(P)
92. pedepokan : padepokan
93. palm : palem
94. pankreas : pangkreas
(Q)
95. Kamariah : Qomariyah
96. qariah : qoria
97. Quran : Qur’an
(R)
98. radioaktif : radio aktif
99. rakaat : raka’at
100. ransel : ranzel


KATA BAKU : KATA TIDAK BAKU
(S)
101. syahadat : sahadat
102. syahid : sahid
103. sakelar : saklar
(T)
104. takzim : ta’zim
105. tablig : tabligh
106. tahiat : tahiyat
(U)
107. ujian ulang : ujian ulangan
108. ukhrawi : ukhrowi
109. urine : urin
(V)
110. varises : varices
111. varietas : varitas
112. vascular : vaskuler
(W)
113. wakaf : waqaf
114. judikatif : yudikatif
115. judicial : yudisial
116. judo : yudo
(Z)
117. jaman : zaman
118. dzikir : zikir
119. dzuhur : zuhur
  1. aktif, aktip
  2. aktivitas, aktifitas
  3. Alquran, al-Qur'an, Al-Qur'an, al Qur'an, Al Qur'an (maupun tanpa ['])
  4. analisis, analisa
  5. Anda, anda
  6. apotek, apotik (ingat: apoteker, bukan apotiker)
  7. asas, azas
  8. atlet, atlit (ingat: atletik, bukan atlitik)
  9. bus, bis
  10. besok, esok
  11. diagnosis, diagnosa


KATA BAKU : KATA TIDAK BAKU
  1. Ekstrakurikuler, ekstrakulikuler
  2. ekstrem, ekstrim
  3. embus, hembus
  4. Februari, Pebruari
  5. frekuensi, frekwensi
  6. foto, photo
  7. gladi, geladi
  8. hierarki, hirarki
  9. hipnosis (nomina), menghipnosis (verba), hipnotis (adjektiva)
  10. ibu kota, ibukota
  11. ijazah, ijasah
  12. imbau, himbau
  13. indera, indra
  14. inderagiri, indragiri
  15. istri, isteri
  16. izin, ijin
  17. jadwal, jadual
  18. jenderal, jendral
  19. Jumat, Jum'at
  20. kacamata, kaca mata
  21. kanker, kangker
  22. karier, karir
  23. Katolik, Katholik
  24. kendaraan, kenderaan
  25. komoditas, komoditi [2][3]
  26. komplet, komplit
  27. konkret, konkrit, kongkrit
  28. kosa kata, kosakata
  29. kualitas, kwalitas, kwalitet [2]
  30. kuantitas, kwantitas [2]
  31. kuitansi, kwitansi
  32. kuno, kuna [4]
  33. lokakarya, loka karya
  34. maaf, ma'af
  35. makhluk, mahluk, mahkluk (salah satu yang paling sering salah)
  36. mazhab, mahzab
  37. metode, metoda
  38. mungkir, pungkir (Ingat!)
  39. nakhoda, nahkoda, nakoda
  40. napas, nafas
  41. narasumber, nara sumber (berlaku juga untuk kata belakang lain)
  42. nasihat, nasehat
  43. negatif, negatip (juga kata-kata lainnya yang serupa)
  44. November, Nopember
  45. objek, obyek
  46. objektif, obyektif/p
  47. olahraga, olah raga
  48. orang tua, orangtua
  49. paham, faham
  50. persen, prosen
  51. pelepasan, penglepasan
  52. penglihatan, pelihatan; pengecualian
  53. permukiman, pemukiman
  54. perumahan, pengrumahan; baik untuk arti housing maupun PHK
  55. pikir, fikir
  56. Prancis, Perancis [5]
  57. praktik, praktek (Ingat: praktikum, bukan praktekum)
  58. provinsi, propinsi
  59. putra, putera
  60. putri, puteri
  61. realitas, realita
  62. risiko, resiko
  63. saksama, seksama (Ingat!)
  64. samudra, samudera


KATA BAKU : KATA TIDAK BAKU
  1. sangsi (=ragu-ragu), sanksi (=konsekuensi atas perilaku yang tidak benar, salah)
  2. saraf, syaraf
  3. sarat (=penuh), syarat (=kondisi yang harus dipenuhi)
  4. sekretaris, sekertaris
  5. sekuriti, sekuritas [2]
  6. segitiga, segi tiga
  7. selebritas, selebriti
  8. sepak bola, sepakbola
  9. silakan, silahkan (Ingat!)
  10. sintesis, sintesa
  11. sistem, sistim
  12. surga, sorga, syurga
  13. subjek, subyek
  14. subjektif, subyektif/p
  15. Sumatra, Sumatera
  16. standar, standard
  17. standardisasi, standarisasi [6]
  18. tanda tangan, tandatangan
  19. takhta, tahta
  20. teknik, tehnik
  21. telepon, tel(f/p)on, telefon, tilpon
  22. teoretis, teoritis (diserap dari: theoretical)
  23. terampil, trampil
  24. ubah (=mengganti), rubah (=serigala) -- sepertinya kedua-duanya berlaku
  25. utang, hutang (Ingat: piutang, bukan pihutang)
  26. walikota, wali kota
  27. Yogyakarta, Jogjakarta
  28. zaman, jaman





















































PENULISAN UNSUR SERAPAN
SERAPAN
IND
aa
a
ae
e
au
au
ae
ae
ai
ai
C di muka a,u,o,k
k
C di muka e,i,oe,y
s
Cc di muka o,u dan konsonan
k
Cc di muka e,i
ks
Cch dan ch di muka a,o dan konsonan
k
ea
ea
ee
e
ei
ei
eo
eo
eu
eu
f
f
gh
g
gue
ge
kh
kh
oo
o
ou
u
ph
f
ps
ps
pt
pt
q
k
rh
r
Sc di muka a,o,u dan konsonan
sk
Sc di muka e,i,y
s
Sch di muka vokal
sk
T di muka i
s
Th
t
u
u
ua
ua
ue
ue
uo
uo
uu
u
v
v
X pada awal kata
x
X pada posisi lain
ks
Xc di muka e,i
ks
Xc di muka a,o,u dan konsonan
ksk
Y jika lafalnya y
y
Y jika lafalnya i
i
z
z
Konsonan ganda
tunggal

7 komentar:

  1. ijin posting ke blog saya bu....

    BalasHapus
  2. membingungkan nih bu... coba cek oleh ibu tulisan kata "ijin" aja sampai 4 kali diulang, udah begitu ga jelas lagi kadang ada diposisi BAKU kadang diposisi TIDAK BAKU..., bagusnya ibu cek atau olah dulu sebelum posting tidak langsung copas agar berguna, maaf nih atas kritikannya, soalnya BAKU TIDAK BAKU bikin pusing, dan postingan ibu bikin tambah pusing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Agus,..kok mbulet gak karu-karuan nih,..

      Hapus
  3. Kalau saran saya sih Bu, bagaimana kalau memberitahu kan sumber nya juga? Karena bagaimana pun juga kami pengunjung blog Ibu tidak kenal baik dengan Ibu..
    Trims, sangat membantu sekali :))

    BalasHapus
  4. Kenapa banyak yang membingungkan min?? sepertinya banyak yang terbalik antara kata baku dan tidak bakunya.. mohon diperbaiki..

    BalasHapus
  5. iya... sebaiknya jika ingin memasukkan matri ke blog dipastikan dulu kebenarannya...

    BalasHapus
  6. Kok membingungkan to,yg simple Bu,..

    BalasHapus